5 Manfaat Bermain Games

Bermain game sepertinya bukan sesuatu yang baru dizaman ini apa lagi ditambah dengan menjamurnya warnet warnet game online,sehingga bukan tidak mungkin pergeseran kebiasaan manusia dari  permainan tradisional ke permainan digital terwujud.tapi disamping kita memikirkan yang “katanya” merusak otak,membuat bodoh,menjadikan malas mari kita bahas manfaat yang sebenarnya ada dalam game yang kita mainkan.

Mungkin masih banyak orang tua yang melarang habis habisan tentang mengguanakan game,tapi mereka malah membiarkan anaknya bermain social media yang akhirnya merka malah pacaran keluyuran yang gak ada artinya,(pacaran gak jelas aja),sedangkan jika mereka membiarkan anaknya bermain game dirumah itu malah membantu untuk membangun pola piker yang lebih kreatif.
Kita ambil contoh beberapa game yang ternyata secara tidak sadar melatih otak kita,
Game dengan genre RPG dapat membantu kita membuat keputusan yang tepat agar jalan cerita bisa happy ending atau game dengan genre RPG juga melatih kita meningkatkan konsentrasi perhitungan situasi dan masih banyak game dengan genre apapun saat ini,hamper bisa dipastikan mempunyai manfaat sendiri sendiri,berikut adalah manfaat bermain game dalam kehidupan sehari hari.

1.       Meningkatkan konsentrasi
Seperti yang saya sebutkan di atas beberapa game yang memiliki situasi dengan adrenalin tinggi seperti game RPG ternyata membantu untuk meningkatkan konsentrasi Karen kita dipaksa untuk bertahan  dialam gempuran musuh yang cukup banyak sehingga mau tidak mau kita harus memperhatikan situasi sekitar,mendengar dan merasakan,akibat itulah efeknya dapat membuat kita menjadi lebih berkonsentrasi.

2.       Meningkatkan kecerdasan
Meningkatkan kecerdasan??emang bisa??
Jawabnya  bisa!! Tapi  secara signifikan menambah kecerdasan itu tidak.bisa dibilang begini,jika kita sering berfikir untuk menyelesaikan masalah dan dituntut untuk menyelesaikan dalam waktu yang sempit,tentu otak kita akan memikirkan cara terbaik agar kita bisa mencari jalan untuk menyelesaikan masalah tersebut.otomatis juga secara tidak sadar kita melatih tingkat kecerdasan otak kita.

3.       Meningkatkan skill kerjasama
Jika kamu sering bermain dota maka kamu akan mengerti bagaimana caranya kerjasama yang baik,karena dalam game tersebut kita tidak mungkin menang dengan skill kita sendiri,yang berarti kita harus membuat strategi bersama teman kita agar bisa menang melawan musuh.

4.       Meningkatkan kreatifitas
Saya rasa yang paling signifikan dari manfaat bermain game adalah meningkatkan kreatifitas,kenapa??
Karena ketika kita sudah berada pada titik bosan bermain game kita akan berusaha membuat kita terhibur dengan sesuatu selain game,sehingga secara tidak sadar kita memikirkan cara untuk bersenang senang tanpa game.

baca juga: 5 game buatan indonesia

Bahkan beberapa orang yang dulunya gamers saat ini malah membuat gamenya sendiri,untuk di Indonesia sendiri sudah sangat banyak orang yang terjun dalam dunia game developing.dan juga terkadang beberapa game mereka bahkan bisa lebih baik dari game yang dulu pernah dimainkan karena sebelumnya dia sudah berfikir apa yang kurang dalam gamenya dulu.

5.       Meningkatkan kemampuan bahasa(inggris)
Mungkin dari kalian para gamers setujju dengan pernyataan ini.yahh karena saya sendiri juga merasakan dampaknya,jika disekolah terkadang kita harus menghafalkan banyak rumus pembentuk kata,belajar tentang banyaknya tenses sampai sampai kita punya pemikiran tidak mungkin bisa berbahasa inggris.
Maka gamelah salah satu yang bisa mengajarkan kita tentang hal itu,saya sendiripun juga memiliki nilai bahasa inggris bukan lantaran saya bisa tapi karena saya tahu apa yang harus saya kerjakan,karena dulunya sering bermain game,terutama game RPG.

Sekali lagi bermain game itu tidak menurunkankan kualitas otak kita,asalkan kita tau waktu,disiplin waktu,dan belajar seimbang.dan untuk para orang tua,anak anak kita tidak harus belajar untuk jadi orang hebat,karena orang hebat terkadang muncul dari orang orang yang bermain.

Jika ada pertanyaan atau saran bisa ditulis dikomentar atau hubungi kami di sini


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Manfaat Bermain Games"

Post a Comment