Blender Tutorial:Cara Membuat Pedang Dengan Blender


BLENDER TUTORIAL


Dalam perjalanan blender sudah banyak dijadikan sebagai andalan dalam membuat model/desain 3d,baik bagi pemula atau bahkan masterpun juga kadang memakai software gratis yang satu ini,meskipun gratis kualitas,fitur dan hasil yang diberikan sangat memuaskan,hanya saja semua hasil tetap berakhir pada skill modeling yang dimiliki desiner tersebut.
                Dan juga saat ini blender juga sering digunakan dalam pembangunan proyek animasi yang besar,yang terkadang dikelola oleh perusahaan besar pula.tak hanya itu banyak game yang desain modeling nya dilakukan dengan software ini.
                Salah satu kelebihan dari blender ialah kinerja ketika kita mengerjakan suatu proyek,tidak menghabiskan anyak memory RAM dan VGA,bahkan saya pernah mencoba modeling karakter dengan laptop dual core 1.1Ghz dan vga intel HD 1Gb,sudah cukup untuk modeling satu karakter lengkap dengan texturing.
Baca juga : cara menambahkan gambar referensi di blender.
Nah kai ini saya mau share lagi tentang apa yang saya tau tentang blender.yaitu tentang modeling,tapi kita tidak akan membuat sesuatu yang rumit.kita akan membuat sebuah object 3D sederhana menggunakan tehnik LowPoly. Yaitu kita akan membuat sebuah pedang,yang mungkin nantinya bisa menjadi referensi kamu untuk membuat game atau animasi.

CARA MEMBUAT PEDANG DENGAN BLENDER

Pertama yang harus kamu lakukan tentu saja menjalankan blender.
Tapi sebelumnya kamu harus tau shortcut penting dalam blender,kenapa karena fungsi didalam blender hampir keseluruhan hanya berdasarkan shortcut dan bukan menggunakan icon tools yang ada di aplikasi lain.

  • S : scale
  • G: grab
  • R:rotation
  • E:extrude(menambah face dengan menariknya)
  • Ctrl+R untuk menambahkan titik object


Lalu perlu diingat juga bahwa blender memiliki mode Edit yang berbeda.seperti, object mode yaitu hanya untuk memilih mana object yang akan kita edit(jika kita punya beerapa obect),lalu edit mode,digunakan untuk merubah bentuk object atau biasa disebut modeling.Mungkin cukup untuk perkenalan singkat.
Lanjut pertama jika kita menggunakan factory setting alias pengaturan bawaan,kita akan menjumpai sebuah kubus.yang perlu kamu lakukan adalah merubah ukuran dengan tombol S,hingga sedemikian rupa.

Disini saya tidak akan menelaskan panang lear tentang begini begitu,karena menurut saya modeling itu kita memainkan imajinasi dan skill,untuk mendapatkan skill kita harus terus berlatih.
Langkah selanjutnya juka sudah berbentuk setengah pedang seperti gambar diatas kamu hapus separuh bagian yang ada seperti dibawah,


lalu tambahkan modifier>mirror seperti ini,hal ini dilakukan supaya kita mendapatkan bentuk yang simetris sehingga lebih enak dilihat dan rapi

                setelah simetris yang harus bekerja selanjutnya adalah imajinasi kamu sendiri,kalau saya hanya menambahkan sedikit variasi seperti ini.


Mungkin seperti itu tutorial kali ini,ika ada pertanyaan bisa kalian tanyakan kesini atau komentar dibawah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Blender Tutorial:Cara Membuat Pedang Dengan Blender"

Post a Comment