Cara Build Game Di Unity


Unity tutorial
Build setting pada Unity

Tak diragukan lagi saat ini banyak orang Indonesia yang memanfaatkan Unity sebagai penyalur hobby hingga mencari dollar lewat situs penyedia advertisement,dan juga muncul game developer Indonesia yang mulai membangun game game merak yang akan diletakan di playstore milik raksasa google.


Tapi bagi kamu yang ingin terjun menjadi developer game,alangkah baiknya kamu mengetahui satu hal penting berikut,yaitu cara build game menjadi sebuah aplikasi.
·        
 Build PC

Langkah pertama pastikan kamu sudah punya game yang akan di build menjadi aplikasi,atau jika hanya untuk coba coba paling tidak kamu harus punya satu buah scene kosong,dengan cara klik File>save Scene lalu beri nama.

Setelah itu pilih menu File>build setting,pilih platform PC,mac&linux standalone,kemudian add current(untuk memasukan scene yang kamu buat)

Lalu pilih player setting,dalam player setting mungkin tidak terlalu penting ketika kamu masih dalam tahap coba coba,tapi ketika nanti kamu sudah punya game yang akan dipublikasikan akan sangat penting mengisi parameter yang ada,mungkin tidak semua tapi pastikan identitas game yang kamu buat jelas.

Terakhir klik build,tunggu beberapa saat hingga proses selesai jika tidak ada kesalahan maka kamu akan punya 2 buah file yang merupakan hasil pembuatan game kamu.

Untuk tes silahkan buka file nama_game_kamu.exe.
Gimana??
·         Build WEB

Untuk build WEB kita hanya perlu mengganti platform setting yang awalnya PC blablabla,kita rubah menjadi WEB,klik palyer setting isi parameter yang diperlukan lalu klik build,tunggu sampai proses selesai.

 Jika sudah klik pada file nama_game_kamu.html,atau open with dengan browser kamu “dengan catatan browser kamu harus terinstall unity web player.

·         Build android

Untuk pengaturan build pada android ada beberapa hal yang harus kamu ketahui,yaitu penggunaan SDK & JDK,usahakan kamu menginstall JDK & SDK versi terbaru,karena sebelumnya saya juga mendapat masalah ketika akan build game ke android karena masalah SDK yang terinstall adalah versi lama.

Saya rasa cukup untuk sedikit pengingat,sekarang mulai untuk build game.
Mungkin kamu sudah paha langkah langkah diatas,sekarang tinggal merubah platform setting & player setting,untuk platform setting pilih android,dan untuk player setting ada beberapa yang wajib diisi.

Untuk other setting isi parameter seperti dibawah,khusus untuk yang ada dalam kotak merah jangan sampai dibiarkan sebagai default setting,terutama bagian bundle identifier(biasanya akan tertulis”com.Company.game”)sampai tahap ini game seharusnya sudah bisa di build menjadi sebuah aplikasi utuh.tapi jika kamu berniat untuk mempublikasikanya ke playstore masih ada langkah yang harus kamu lakukan.

Klik pubishing setting,lalu pilih create new keystore,bila muncul pesan untuk folder penyimpanan,kamu pilih foler yang akan diadikan tempat untuk menyimpan keystore,lalu isi keystore password,jika sudah tekan enter lalu pilih lagi parameter key,untuk alias kamu pilih create new keystore lalu isi beberapa kolom yang diperlukan,diusahakan diisi semua mengingat karena kita akan mempublish nya di playstore.


Jika sudah seharusnya kamu punya satu file.apk dan file.keystore.

Jika ada pertanyaan seputar Unity,Photoshop,Blender bisa kamu Tanya kesini..



Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Cara Build Game Di Unity"

  1. Makasih gan infonya ngebantu banget. Ane juga mau ngebantu nih punya kumpulan game buat para gamer yang suka main game online PC kayak ane

    ReplyDelete
  2. Gan, saya buat game sederhana dengan unity setelah di build hasil nya apk. Dengan kapasitas 0 byte, kira2 salahnya dimana ya?

    ReplyDelete