Cara membuat siang dan malam (day & night cycle)

Belajar membuat game di unity saat ini merupakan sesuatu yang cukup keren menurut saya,karena disaat sebagian orang hanya bisa bermain game,tapi kita para pembuat game malah membuat game tersebut dan bisa jadi kita juga membuat dunia kita sendiri,jadi kali ini saya akan memberikan tutorial,


Cara membuat siang dan malam (day & night cycle)

Kali ini kita tidak memerlukan banyak script rumit,karena kita cukup menggunakan satu script sebagai controller langit yang ada nantinya,dan juga disini saya memakai 15 skybox yang akan tersusun nantinya sebagai efek pergantian siang dan malam.

Pertama dan yang paling penting,buat project baru setelah itu buat satu empty game object beri nama skybox control dan satu buah script C# beri nama dayandnight.sebelumnya kamu harus punya skyboxnya,kamu bisa download disini

Setelah itu klik open script nya atau klik 2 kali,setelah itu isi script seperti gambar di bawah,saya sengaja hanya menyertakan screenshot untuk scriptnya dengan tujuan kamu bisa terbiasa menulis script jika kamu memang berniat untuk benar benar belajar unity.

Peringatan!bagi pemula supaya memperhatikan penggunaan huruf kapital.

Karena masih banyak pemula yang tidak memperhatikan penggunaan huruf kapital ,hasilnya mereka malah protes pada pembuat tutorial

Setelah script tadi selesai,klik save pada mono develop(editor script),drag and drop script ke empty game object yang tadi kita buat,disitu akan muncul parameter dari skybox isikan dengan nilai 15,dan delay 3.

Script ini nantinya akan berfungsi sebagai yang mengurutkan dan memuat pergantian antara satu skybox dengan skybox yang lain.

setelah itu akan muncul lagi 15 kolom untuk menempatkan skybox yang tadi sudah kita download,isi dengan material skybox tadi urut sesuai dengan nama.

Jika sudah,
selamat pergantian siang dan malam diduniamu sudah jadi.
Untuk pengaturan seperti intensitas cahaya bisa kamu atur pada game object directional light atau dengan memilih menu Windows>lighting.
jika ada yang masih bingung bisa juga bertanya disini


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara membuat siang dan malam (day & night cycle)"

Post a Comment